Friday 14 May 2010

Kios Penjual Roti vs Tukang Batagor

Pagi ini, sekitar pukul 06.45, gw memutuskan untuk keluar rumah buat nyari sarapan. Maklum, orang tua pada ke luar kota, jadinya gw cuma sama ade gw yang masih kelas 1 SMA. Karena ade gw udah berangkat barusan, jadi tinggal gw sendiri.
Setelah gw memastikan semua pintu terkunci, gw melangkah keluar rumah. Awalnya gw memutuskan untuk sarapan roti. Lumayan udah lama gak makan roti. Gw berjalan ke salah satu toko (lebih tepatnya sih kios, soalnya kecil gitu tempatnya) roti deket rumah.
Sampenya disana, yang bapak" yang selama ini gw tebak sebagai yang punya tuh kios, tapi gak tau tuh bener ato gak. Biasanya yang jaga mbak" gitu, tapi tadi gw liat mbak"nya juga ada, cuma lagi bersih" (a.k.a ngepel). Yaudah gw masuk, milih roti, trus bapak"nya ngambil kantong plastik buat bungkusin roti gw. Nah pas transaksi pembayaran, gw bayar pake duit lima puluh ribuan, karena cuma tuh duit yang ada di kantong gw. Terjadilah sedikit percakapan antara gw dan bapak" tadi :

Gw : Gw ; Bpk : Bapak"

Bpk : "wah dek, gak ada duit kecil?"
Gw : "gak ada pak, cuma ada ini"
Bpk : "yah dek, gak ada duit kecil? baru buka dek" (diulang tuh)
Gw : "gak ada pak, cuma ada ini" (gw ngikut ngulang juga)
Bpk : "yah dek, baru buka dek" (diulang lagi)
akhirnya gw keluar, niatnya sih mau nyari orang buat nuker. Pas gw lirik kebelakang, roti gw di taro lagi di tempatnya, bukannya disimpenin. Sial..
Akhirnya gw gak jadi beli roti, dan berjalan ke pasar buat beli Batagor (daripada gw kelaperan). Sampe sana langsung pesen paket Jumbo seharga goceng (oiia harga rotinya tiga rebu dua ratus). Nunggu sebentar, pas udah jadi pesenan gw, gw kasih tuh duit gocapan. First think, Penjual roti aja yang pake kios gak ada kembalian, apa lagi tukang batagor yang cuma pake gerobak. Tapi ternyata gw salah, tuh ibu" (penjualnya ibu") udah nyiapin uang kecil yang banyak buat kembalian. "wah, preventif juga nih ibu". Setelah di kasih kembalian, gw jalan dah ke rumah untuk menikmati seporsi jumbo Batagor..nyam nyam...



Conclusion : Kalo mau jualan ya harus preventif lah, masa Penjual roti udah pake kios gitu gak ada kembalian, kenapa gak disiapin coba. Padahal yang beli kan bisa aja orang" yang mau berangkat kerja, yang duitnya gede" semua. Contoh lah penjual batagor, walau hanya pake gerobak + jualan di pasar, tapi udah siap kalau ada pembeli yang pake uang gede sebagai alat pembayaran..

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment